VOLCANO CAMP

  • -

VOLCANO CAMP

Category : PENGURUS INTI

LRM_EXPORT_11680622467260_20190403_125525984

Deskripsi kegiatan
Volcano Camp merupakan program kerja dari departemen Kesejahteraan HMJ Geografi “Volcano”. Kegiatan ini adalah kegiatan makrab HMJ Geografi Volcano yang beguna untuk mengakrabkan dan menjalin rasa kekeluargaan antar sesama anggota HMJ Geografi Volcano 2019. Konsep dari acara ini memiliki perbedaan dengan yang dahulu baik dari nama, isi kegiatan dan tempat pelaksanaannya. kegiatan Volcano Camp 2019 ini digabung dengan kegiatan Upgading. Upgrading sendiri merupakan suatu kegiatan yang hanya berisi penyampaian materi-materi mengenai kepanitiaan dan keorganisasian yang bertempat di Aula Hos Cokroaminoto. Namun dalam periode 2019 ini Volcano Camp digabung dengan kegiatan Upgrading. Sehingga kegiatan Volcano Camp 2019 kali ini merupakan gabungan dari dua kegiatan yaitu yang pertama penyampaian materi-materi yang berkaitan dengan organisasi dan yang kedua malam keakrabana (Makrab) antar anggota HMJ. Kali ini tema yang diangkat yaitu “Make Volcano Up”, dilihat dari segi bahasa tema tersebut memiliki makna yaitu menjadikan atau membuat anggota HMJ Geografi Volcano meningkat. Yang dimaksud meningkat yaitu meningkat dalam hal kualitas, karena nantinya semua anggota akan memperoleh ilmu baru dari materi-materi yang disampaikan. Di sisi lain tema tersebut merupakan singkatan dari “Malam Keakraban Geografi Volcano dan Upgrading”.
Tujuan kegiatan
Berdasarkan deskripsi di atas, kegiatan ini bertujuan :
1. Pemantapan pengurus HMJ Geografi “Volcano” untuk berorganisasi
2. Meningkatkan kualitas, kreativitas dan kinerja pengurus HMJ Geografi “Volcano”
3. Meningkatkan solidaritas antar pengurus HMJ Geografi “Volcano”
Mekanisme pelaksanaan
Volcano Camp dilaksanakan selama dua hari, dimana hari pertama diisi dengan penyampaian materi-materi seperti materi manajemen Organisasi, Kesekretariatan, Kebendaharaan, Tata Krama, Sponsorship, PubDekDok dan Analisis SWOT. Materi-materi tersebut disampaikan oleh Bapak/Ibu dosen dan juga oleh demisioner HMJ Geografi itu sendiri. Materi tersebut tidak hanya disampaikan saja, tetapi juga dipraktek langsung. Tujuannya yaitu agar materi lebih mudah diterima dan dipahami oleh seluruh peserta. Setelah penyampaian materi selesai, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan malam keakraban yang diisi dengan sharing-sharing bersama demisioner dan api unggun. Pada hari kedua, kegiatan ini diisi dengan bermain game-game. Tujuannya yaitu agar seluruh peserta terlepas dari kejenuhan masing-masing dan bisa saling mengakrabkan diri dengan peserta yang lainnya.
Peserta Volcano Camp
Volcano Camp dihadiri oleh :
1. Dosen Pembina HMJ Geografi “Volcano”
2. Dosen Pendamping sebagai perwakilan dari Fakultas Ilmu Sosial
3. Demisoner HMJ Geografi “Volcano”
4. Seluruh anggota HMJ Geografi “Volcano” periode 2019
Tanggal Pelaksanaan
Kegiatan Volcano Camp ini dilaksanakan pada hari sabtu dan Minggu tepatnya tanggal 9 – 10 Maret 2019 dan bertempat di Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kec. Bumiaji.